Tips SEO untuk Mempercantik Website Anda terbaru

Seperti yang kita ketahui, cara membuat website dengan desain yang bagus tentu sangat sulit, apalagi jika harus memadukannya dengan kriteria-kriteria lain. Beberapa kriteria yang dibutuhkan antara lain Desain, Model, SEO, Content, dan Script.

seo untuk desain website
Dalam memadukan semua kriteria tersebut harus melalui pertimbangan yang baik, tanpa menghilangkan SEO ( Search Engine Optimization ) dari website tersebut. Beberapa pebisnis online banyak memiliki tantangan dan permasalahan dalam hal ini. Selain ingin menjual produk agar dapat dibeli consumer juga harus membuat kepercayaan kepada para pelanggan dengan menjadikan website toko online kita terkenal dan mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Oleh karena itu, inilah beberapa tips yang harus dipertimbangkan untuk Anda yang mendesain dan membangun sebuah Website. Karena faktor SEO Friendly sangat dibutuhkan untuk menunjang bisnis yang kita lakukan di dunia internet.

Tips Meningkatkan kualitas SEO untuk Website desain Anda :


1. Tambahkan sebuah blog

Tidak banyak update yang bisa dilakukan pada sebuah website sejenis company profile atau brosur online. Sedangkan mesin pencari biasanya memprioritaskan website yang rutin diupdate. Maka, menambahkan sebuah blog merupakan solusi paling pas untuk menyatakan pada mesin pencari bahwa website kita ‘hidup’ dan ‘berpenghuni’. Lewat blog, anda bisa rutin mengupdate konten segar untuk website anda.

Biasanya website professional selalu membuat Blog yang tertentu di menu utama website mereka. Ya. Karena hal ini sangat penting untuk mendukung website kita agar lebih diminati pengunjung.

Di samping untuk memuaskan mesin pencari, memiliki blog juga meningkatkan potensi bagi pembaca untuk melakukan bookmarking dan share di akun sosial media mereka masing-masing.

2. Jadikan halaman anda unik

Google mengurutkan ranking bukan berdasarkan konten website saja, namun juga melihat keunikan konten tersebut. Jika Google menemukan di halaman anda ada konten yang sama dengan website lain, resikonya website anda akan dianggap melakukan duplikasi konten dan ditolak oleh spider Google. Maka, hindari untuk melakukan duplikat konten dan proteksi artikel anda agar tidak bisa diduplikasi orang lain / melakukan copy paste artikel.

Website juga dianggap melakukan duplikasi konten jika halaman www dan non-www pada website tersebut dibaca sebagai dua halaman yang berbeda. Anda dapat menggunakan .htaccess pada website anda untuk melakukan redirection antara www ke non-www atau sebaliknya. Anda juga dapat mengatur Base URL di framework website dengan benar dan sesuai.

3. Batasi penggunaan keyword dalam suatu halaman

Dalam menggunakan keyword di halaman artikel Anda, jangan sampai memberi beberapa keyword yang ingin dituju dengan berlebihan. Karena apabila berlebihan, maka website anda justru akan dianggap sebagai spam. Maka batasi penggunaan keyword anda dengan hanya menggunakan 3% dari total kata suatu halaman. Jika artikel anda terdiri dari 100 kata, maka anda hanya boleh mengulang keyword sebanyak 3 kali.
Dengan mengintegrasikan semua tips ini ke dalam setiap proyek desain website anda, maka kami harap anda bisa mendapat peningkatan rate sales dan income berkat mesin pencari.

4. Hindari code bloat

Mesin pencari tidak bisa begitu saja menemukan artikel yang harus dicrawl. Dia harus mengubah dulu kode HTML ke dalam bentuk konten. Itulah sebabnya “code bloat” sangat dibenci oleh mesin pencari. Code bloat terjadi jika anda menulis JavaScript dan CSS jadi satu dengan file HTML anda. Hal ini akan melambatkan rasio konversi kode-ke-konten dari spider mesin pencari.
html website desain

Code bloat juga bisa melambatkan waktu loading halaman anda, dan meningkatkan kemungkinan munculnya error pada halaman anda. Maka, biasakan untuk menulis semua kode JavaScript dan CSS anda pada file yang terpisah.

5. Isi tags <title> dengan keyword

Tags <title> adalah tulisan yang akan ditampilkan pada title bar browser anda. Di tag <title>, biasanya orang akan cenderung menulis nama perusahaannya. Namun anda bisa memanfaatkannya dengan lebih baik. Yaitu mengisinya dengan keyword yang anda target untuk mendapat ranking lebih tinggi pada mesin pencari.

Batas panjang karakter, termasuk spasi, yang boleh dituliskan dalam tags <title> adalah 60 karakter. Selebihnya akan dipotong secara otomatis oleh Google untuk (kadang) ditampilkan pada halaman hasil pencariannya sebagai judul konten anda.

6. Manfaatkan tags <meta description>

Tags <meta description> adalah tulisan yang (kadang) akan ditampilkan pada bagian konten di halaman hasil pencarian Google. Maka, tulis deskripsi yang meyakinkan agar pengguna Google mau mengklik halaman anda.

Batas panjang karakter, termasuk spasi, yang boleh dituliskan dalam tags <meta description> adalah 160 karakter.

7. Registrasi Google Analytics

Google Analytics merupakan sebuah paket software analytic yang bisa mensupply anda dengan sejumlah data penting mengenai kegiatan user di dalam website anda. Dengan fungsi-fungsinya seperti Goal Tracking, Event Tracking, dan Bounce Rates, anda bisa mengumpulkan berbagai informasi berharga yang bisa digunakan untuk menentukan rencana bisnis anda di tahun 2012.

Sebagai pendamping Google Analytics, daftarkan juga akun Google Webmaster untuk website anda pada http://www.google.com/webmasters. Tidak perlu diragukan lagi bagaimana perpaduan kedua tools ini bisa meningkatkan leverage bisnis online anda. Terutama bagi anda yang menguasainya.

8. Tambahkan inbound link ke semua halaman di bagian Footer

Menambah link pada anchor text (keyword yang ditarget), bisa memberikan peningkatan signifikan untuk upaya SEO anda. Masalahnya, kebanyakan desain website yang bagus biasanya menggunakan media grafis seperti JavaScript, dan Flash yang tidak memiliki anchor text.

Anda bisa menambahkan footer yang isinya inbound-inbound link yang saling terhubung pada halaman website anda. Pada inbound link tersebut, anda bisa mengatur anchor textnya sesuai keyword yang anda target.

9. Buat halaman yang berbeda untuk masing-masing frase keyword

Cara terampuh agar sebuah website mendapat ranking tinggi untuk setiap frase keyword yang ditarget adalah dengan membuatkan sebuah halaman khusus untuk masing-masing frase keyword yang ditarget. Misalnya satu halaman untuk setiap produk atau layanan yang anda jual.

Selain mendongkrak SEO, halaman-halaman ini akan membuat user mendarat pada landing page yang tepat dari kata kunci yang dicarinya. Sehingga, setelah mengklik website anda dari daftar hasil pencarian Google, user sudah langsung menemukan apa yang dicarinya.
Anggap Desain adalah tampilan yang akan menentukan pengunjung untuk membeli produk kita. Lalu, darimanakah pengunjung ini datang? Bukankah Mesin Pencari yang akan membuat website anda ditemukan ? Tentu, SEO akan sangat berpengaruh kan (y) .
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment