Ketua KPK - Koruptor di Lapas Sering Pulang ke Rumah

Abraham Samad (Foto: Dede K/okezone) Abraham Samad (Foto: Dede K/okezone)
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasaan Korupsi (KPK) Abraham Samad menuturkan, sejumlah terpidana kasus korupsi yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), lebih sering tinggal di rumahnya.

"Ketika apel sore dilaksanakan, semua tahanan diperiksa, dan masuk ke dalam sel mereka masing-masing. Namun, kalau koruptor berkelas, dari hasil pantauan KPK, menjelang sore selesai mereka tidak masuk ke dalam sel masing-masing, tapi balik ke rumahnya," ungkap Samad saat menghadiri seminar hukum bertema "Peran Penegak Hukum Terkait Perlindungan dan Pengembalian Aset-aset Negara Yang Dikuasai Pihak Lain Secara Melawan Hukum" di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2013).

Kata Samad, mereka kembali setelah subuh tiba ke selnya masing-masing. "Jadi dia tidur dan kembali subuh. Saat apel dilakukan, para koruptor tadi tetap ada, padahal tidak pernah tidur di LP," jelasnya.

Oleh sebab itu, sambung Samad, hukuman yang diberikan kepada napi koruptor tersebut tidak mempunyai efek jera. Apalagi ditambah ringannya hukuman yang dijatuhkan kepada mereka.

"Para koruptor di Indonesia tidak pernah jera. Karena tidak pernah menikmati penderitaan di Lapas, karena dia punya duit,"terangnya.

Dia menjelaskan, KPK pun membuat tahanan di basement Gedung KPK dan juga menitipkan tersangka koruptor di Rutan Guntur, sehingga mereka tidak bisa keluar seperti di Lapas.

"Coba dipantau di Lapas, setelah magrib koruptor kakap keluar masuk dengan mobil. Sehingga KPK sekarang buat rutan di basement KPK dan di Guntur. Karena kita lihat Rumah Tahanan negara sarat dengan manipulasi," pungkasnya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2013/05/09/339/804531/ketua-kpk-koruptor-di-lapas-sering-pulang-ke-rumah
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment