Pengertian dan Macam-Macam DHCP

1. DHCPDISCOVER 
Adalah Client broadcast untukmenemukan server DHCP lokal. 

2. DHCPOFFER  
 Sebagai jawaban DHCPDISCOVER client dan server yang dapat melayani permintaan operasi, mengirim DHCPOFFER pada klien dengan sekumpulan parameter. 

3. DHCPREQUEST 
Sebagai jawaban dari DHCPOFFER server, client mengirim tawaran DHCPREQUEST ke “pemenang”. 

4. DHCPACK 
Sebagai jawaban dari DHCPREQUEST client DHCPNACK

5. DHCPNACK
Jika klien meminta (dengan pesan DHCPREQUEST) alamat yang salah, kadaluwarsa, atau yang lainnya yang tidak dapat diterima, maka server mengirim DHCPNAK ke klien untuk memberitahu bahwa ia tidak dapat memperoleh alamat tersebut. ‘NACK” dalam hal ini kependekan dari “negative acknowledge”. Opsi Message Type dikodekan ‘5.

6.DHCPDECLINE
Jika klien menerima alamat yang diminta, dan secara berturutan menemukan bahwa alamat itu telah digunakan ditempat lain dalam jaringan, ia harus mengirim DHCPDECLINE ke server. Klien mungkin mencoba mengirim suara kealamat. Jika ada jawaban berarti ada orang yang menggunakan alamat server. Opsi Message Type dikodekan ‘4’ .

7. DHCPRELEASE
Jika klien tidak lagi perlu menggunakan alamat yang ditunjuk secara dinamis, ia harus mengirim pesan DHCPRELEASE ke server supaya server mengetahui bahwa alamat tidak lagi digunakan. Tidak semua klien DHCP melakukan hal ini karena merupakan pilihan teknis. Opsi Message Type dikodekan ‘7’ .

8. DHCPINFORM
Jika klien telah mempunyai alamat IP, tetapi masih memerlukan beberapa informasi konfigurasi, maka pesan DHCPINFORM akan melayani tugas ini. Opsi Message Type dokodekan ‘8’.
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment