Persegres Ubah Karakter di Putaran Dua - 2013

Foto: Dok. Okezone
Foto: Dok. Okezone
GRESIK - Jeda kompetisi Indonesia Super League (ISL) bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Persegres Gresik United. Tidak hanya perubahan komposisi dengan penambahan pemain anyar, pelatih Widodo C Putro menyiapkan perubahan karakter permainan timnya.

Pada putaran pertama lalu, dirinya menilai performa Persegres terlalu lambat dan kurang gairah. Di putaran dua, dirinya menginginkan Laskar Joko Samudro lebih agresif dan kreatif dalam melakukan serangan. Pemain-pemain baru diharapkan turut mendukung strategi anyar yang bakal diterapkan.

Sepanjang putaran pertama, atau tepatnya sebelum dilatih Widodo, permainan tim kebanggaan supporter Ultras cenderung monoton. Aliran bola selalu tertuju pada sosok striker tunggal Aldo Baretto dan ketika pergerakannya dimatikan lawan, Persegres mengalami kebuntuan.

Persegres juga terlihat terlalu mengandalkan serangan sayap melalui Shohei Matsunaga, Siswanto maupun pemain sayap lain. Sedangkan lini tengah yang sejatinya menjadi lahan bagi playmaker seperti Gustavo Chena, tidak berfungsi sama sekali.

“Permainan kami cenderung flamboyan di putaran pertama lalu. Ketika striker tidak mendapatkan kesempatan, kami mengalami kesulitan besar. Ini yang akan saya ubah di putaran kedua nanti. Tim akan lebih agresif dan variatif dalam bermain,” terang Widodo.

Keberadaan calon pemain baru di Stadion Petrokimia, nantinya juga disesuaikan dengan strategi anyar tersebut. Pemain yang direkrut rencananya mereka yang memiliki tipikal berapi-api sekaligus dengan mobilitas tinggi. Widodo optimistis dia bakal menemukan pemain yang sesuai.

Dirinya kesulitan mengubah pola permainan Persegres sejak ditunjuk sebagai pelatih karena elemen tim ada yang belum memenuhi harapan. “Pemain lama Persegres sebenarnya bisa melakukan strategi itu. Hanya saja ada beberapa kelemahan yang baru bisa dibenahi di pertengahan musim ini,” tambahnya.

Widodo juga bakal mengoptimalkan peran striker Aldo Baretto yang di putaran pertama baru mengemas enam gol. Produktifitas mantan striker Persiba Balikpapan tersebut menurutnya bisa ditingkatkan dengan pola permainan yang berbeda dibanding putaran pertama. Sayang dirinya tidak menyebut secara detil terkait rencana untuk Aldo.

Sementara itu, Persegres berpeluang besar mendapatkan wing back gaek milik Persebaya Surabaya, Erol Iba. Erol dipanggil khusus untuk mengikuti latihan bersama Persegres dan direkomendasikan sebagai rekrutan baru Laskar Joko Samudro untuk putaran dua.

Walau masih menunggu keputusan manajemen untuk bernegosiasi, peluang Erol bergabung sangat besar. Selain Widodo sangat menyukai kemampuannya, Erol juga sudah tidak berminat kembali ke Persebaya Surabaya yang tak memiliki masa depan pasti di kompetisi Indonesia.

“Iya mas, saya ikut latihan Persegres. Saya dipanggil coach Widodo untuk ikut latihan di Gresik. Kalau memang Persegres menginginkan saya untuk bermain di sini, ya saya sangat siap,” kata Erol dihubungi Rabu (8/5). Erol bakal diproyeksikan untuk menutup kelemahan di posisi full back kiri.

Sumber : http://bola.okezone.com/read/2013/05/09/49/804412/persegres-ubah-karakter-di-putaran-dua
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment