Upgrade Microsoft Office dirilis setiap tahun dan telah menjadi senjata andalan Microsoft untuk memperkuat posisinya sebagai raja software PC. Tahun ini Microsoft melengkapinya dengan kembali merilis versi baru, Office 2013.
1. Interface baru
Sesuai
dengan Modern (Metro) Interface yang diperkenalkan Microsoft melalui
Windows 8, Office 2013 juga memiliki interface serupa sehingga Anda akan
bisa menjumpai keserasian antara Windows 8 dan Office terbaru ini.
Shades beragam warna yang ada di Office versi sebelumnya tidak lagi bisa
dijumpai di versi terbaru. Microsoft mengganti shade dan warna-warna
tersebut dengan desain yang lebih minimalis, flat namun tegas. Dengan
warna minimalis, diharapkan Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan, bukan
pada warna-warna mencolok di bar.
2. Start Screens
Setiap
aplikasi di Office 2013 memiliki sebuah start screen dengan warna
berbeda: biru untuk Word, hijau untuk Excel, orange untuk PowePoint,
hijau untuk Publisher. Saat membuka Word, misalnya, start screen akan
menampilkan daftar dokumen terakhir yang Anda akses. Anda selanjutnya
bisa memilih blank document atau menggunakan template yang disediakan,
mencari template online atau membuka dokumen yang tersimpan di hardisk
atau di folder SkyDrive.
3. Integrasi dengan SkyDrive
Microsoft
mendesain Office 2013 sebagai aplikasi yang terintegrasi dengan cloud
storage. Dalam hal Microsoft menyediakan SkyDrive dan SharePoint. Opsi
ini bisa Anda manfaatkan jika ingin share dokumen secara online dengan
pihak lain. Jika Anda memilih menggunakan SkyDrive, detil dari akun Anda
akan ditampilkan di pojok-kiri atas, baik pada app screen maupun start
screen untuk masing-masing aplikasi. Dengan klik pada detil akun
tersebut Anda bisa berpindah akun sekaligus mengaturnya. Ketika Anda
menyimpan sebuah dokumen, worksheet atau presentasi, secara default
aplikasi akan menyimpannya ke akun SkyDrive tetapi tentu saja Anda bisa
dengan mudah mengubahnya ke local disk.
4. Sinkronisasi dengan device lain
Ketika Anda
menyimpan sebuah dokumen Office 2013 di cloud, maka dokumen tersebut
nantinya bisa Anda akses melalui device lain. Anda bisa mengaksesnya
baik melalui komputer, tablet atau via WebApps. Dalam hal ini Microsoft
telah upgrade WebApps untuk Word, Excel, OneNote dan PowerPoint dengan
tampilan baru.
5. Touchscreen support
Office 2013
merupakan software yang mendukung kegiatan Anda baik di komputer dekstop
maupun tablet. Artinya, Anda bisa menggunakan mouse dan keyboard tetapi
juga tetap bisa mengoperasikan Office 2013 melalui touchsreen sebuah
tablet. Untuk memilih apakah akan menggunakan desktop atau tablet, Anda
perlu setting terlebih dahulu. Klik pada tombol ‘Touch Mode’ yang ada di
Quick Access Toolbar, di sebelah kanan logo aplikasi. Setelahnya ribbon
toolbar akan menunjukkan beragam ikon untuk memudahkan akses
menggunakan jari-jari Anda di layar tablet.
6. Edit PDF
Jika di
Microsoft Office versi lama Anda hanya bisa menyimpan dokumen dalam file
PDF tetapi tidak bisa mengeditnya di PDF maka di Office 2013 Anda bisa
melakukan dua hal itu dengan mudah. Selain bisa menyimpan sebuah file
Word ke PDF, Anda juga bisa mengedit file tersebut di dalam PDF. Setelah
diedit di Office 2013, Anda bisa menyimpannya kembali dalam bentux DocX
atau langsung menjadi PDF.
7. Format Task Panes di PowerPoint
PowerPoint
di Office 2013 memberikan perbaikan penting sehingga Anda bisa memformat
gambar, bangun datar dan obyek lain dengan lebih mudah. Cukup
klik-kanan pada sebuah gambar dan pilih Format Picture maka akan terbuka
Format Picture task pane baru. Di dalamnya ada serangkaian opsi yang
bisa Anda pilih untuk memformat gambar.
8. Membuat chart lebih mudah
Excel di
Office 2013 menyediakan tools yang memudahkan Anda membuat chart atau
bagan, jauh lebih mudah dari Excel versi sebelumnya. Untuk membuat
sebuah chart, Anda cukup memilih data yang Anda inginkan lalu klik Insert > Recommended Chart.
Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai opsi untuk membuat chart,
termasuk pilihan garis, bar, pie charts, dll. Klik salah satu untuk
melihat preview dan setelah Anda pilih maka akan muncul bebera ikon
berukuran kecil, terletak di luar dari. Dengan klik pada ikon tersebut
maka Anda akan bisa mengakses elemen chart yang baru Anda buat, seperti
style, warna juga data di chart itu.
9. Opsi image
Office 2013
memberikan tampilan baru pada Word, PowerPoint, Excel, Publisher dan
Outlook. Beberapa ikon baru yang ada di Insert Tab di ribbon toolbar
bisa Anda manfaatkan untuk memasukkan image baik dari PC maupun sumber
online. Anda juga bisa memilih gambar dari dalam Office Clipart yang
disediakan online, via Bing search atau dari koleksi Anda di SkyDrive
atau Flickr.
10. Account Login
Backstage
View bisa diakses dari semua aplikasi yang ada di Office 2013. Dari situ
Anda bisa login ke SkyDrive atau berganti akun. Anda juga bisa melihat
daftar layanan yang terkoneksi, seperti Twitter dan Facebook. Atau jika
ingin, Anda bisa menambahkan akun lain, seperti Linkedln dan SkyDrive
baru. Office Updates memberikan informasi mengenai status dari setiap
update yang tersedia. Dengan klik pada Update Options maka Anda bisa
disable atau enable update dan melihat update history di Office 2013.
Itulah 10
fitur baru yang diberikan Microsoft di dalam Office 2013. Jika tetarik,
Anda bisa memilih salah satu dari beragam versi Office 2013. Harga
Office 2013 beragam, tersedia bentuk DVD maupun software download yang
bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.
sumber
sumber
Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon