TEKNIK KOMPUTER JARINGAN
SMK Negeri 1
Lumajang
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah menolong
hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa
pertolonganNya mungkin penulis tidak akan sanggup menyelesaikan makalah
ini dengan baik yang berjudul “SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT OFFICE”
Makalah ini dibuat dengan maksud untuk memenuhi kriteria mata pelajaran Aplikasi Dasar Komputer. Makalah ini juga disusun agar pembaca dapat mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Office dari pertama hingga saat ini.
Penulis
mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu
penulis dalam pembuatan makalah ini, terutama guru pembimbing penulis yang telah senantiasa membimbing penulis dalam menyelesaikan makalah ini.
Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Walaupun makalah yang penulis lakukan ini memiliki kelebihan dan
kekurangan. Penulis mohon untuk saran dan kritiknya yang membangun.
Terima kasih.
Cilegon, Agustus 2013
Penulis,
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………….......... 1
Daftar Isi ……………………………………….……………………........... 2
Perkembangan Microsoft Office
1. Microsoft Office 89 …………………………………........ 3
2. Microsoft Office 2003 ……………………………………… 3
3. Microsoft Office 2007 ……………………………………… 6
4. Microsoft Office 2010 …………………………………......... 11
5. Microsoft Office 2013 ………………………………............ 14
Simpulan dan Saran ........................................................................... 17
Daftar pustaka ……………………………………………………… 18
Microsoft Office adalah
sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang
untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di
dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.
Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang
untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1,
Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk
Windows 2.0.
Perkembangan Microsoft Office
1. MICROSOFT OFFICE 98. (OFFICE 8.0)
Versi
ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi
sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru
dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya.
Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated
Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office
Assistant.
2. MICROSOFT OFFICE 2003. (OFFICE 11.0)
Sesuai
namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua
aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi
yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya.
Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos
authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini
juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003
merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga
merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk
Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
Microsoft
Office 2003 adalah seri lanjutan dari aplikasi Microsoft Windows XP
yang telah diperbaiki dan ditambahkan beberapa fitur baru diantaranya,
dalam aplikasi Microsoft Office 2003 juga terdapat beberapa fitur
seperti Microsoft Word, Microsoft Excel 2003, Microsoft Power Point
2003, Microsof Acces dan lain-lainnya. Aplikasi baru tersebut salah
satunya adalah One Note. Aplikasi ini berfungsi mengendalikan sebuah
fungsi teks, sebuah file audio dan gambar menjadi satu tempat.
Selain
itu juga tersedia Microsoft Outlook yang berfungsi mengontrol dan
memudahkan kita pada beberapa fitur seperti pengiriman e-mail, informasi
tentang kalender, dan lebih mudah untuk menemukan beberapa folder yang
memiliki format microsoft.
Fitur
Microsoft office Acces 2003, juga mampu mem-backup data, melakukan
pengecekan untuk beberapa file yang rusak. Sementara itu fitur Microsoft
Front Page 2003 merupakan sebuah solusi yang ditawarkan untuk membuka
file dengan format web. Fitur ini didukung juga oleh beberapa aplikasi
tambahan seperti Adobe Flash. Toolbar pada Microsoft Office 2003 juga
sudah diperbaiki dan terasa lebih nyaman.
• Beberapa toolbar penting dalam penggunaan Microsoft Word 2003 di antaranya sebagai berikut.
1.File.
Jika
kita menggerakkan kursor ke pojok kiri atas, maka kita melihat tulisan
"file". Fungsinya adalah membuka dokumen baru, membuka dokumen yang
sudah kita kerjakan dan telah disimpan, melakukan pengelolaan terhadap
jumlah halaman yang kita inginkan, mengatur ukuran kertas, dan mencetak
(print) sebuah file yang telah dikerjakan.
2.Edit.
Bergeser
ke sebelah kanan kita akan temukan tulisan "edit". Di bagian ini
terdapat banyak fitur, di antaranya kita bisa menyalin sebuah pekerjaan
dalam file microsoft, menghilangkan sebuah file yang tidak kita inginkan
dengan cara mengklik tulisan "cut".
3.View.
Sebuah
fitur yang memudahkan kita melihat sebuah dokumen secara lebih
terperinci, karena ada menu memperbesar dokumen, melihat tampilan
sebelum melakukan print, mengubah tampilan untuk membaca sebuah dokumen,
dan sebagainya.
4.Insert.
Berfungsi
untuk menambahkan sebuah objek dalam di dokumen. Misalnya jika kita
ingin menamilkan sebuah grafis, nomor halaman, catatan kaki, dan
lain-lainnya.
5.Tools.
Fitur
ini berfungsi untuk melakukan pengecekan ulang terhadap tata bahasa
(terutama untuk bahasa Inggris), pencarian dokumen tertentu, dan kita
juga bisa melakukan semua kontrol Microsoft Office 2003 lewat menu ini.
6.Format.
Hal
ini berfungsi melakukan pengontrolan font, paragraf, simbol, nomor dan
juga bisa membagi halaman microsoft word menjadi beberapa bagian, sesuai
dengan yang kita inginkan.
7.Table.
Menu
ini berfungsi untuk membuat tabel sesuai dengan yang kita inginkan.
Mulai dari membaut kolom, jumlah kolom, tombol otomatis untuk merapikan
kolom, dan hal lainnya.
Selain
itu, bagian dalam Microsoft Office 2003 lainnya adalah Microsoft Excel
dan Microsoft Power Point dimana Microsoft Excel berfungsi memudahkan
pekerjaan kita karena berbentuk lembar kerja (worksheet). Jika ingin
melakukan penghitungan otomatis, kita bisa melakukannya dalam Microsoft
Excel ini. Sementara Microsoft Power Point adalah sebuah program yang
digunakan untuk memudahkan kita saat melakukan presentasi dalam kegiatan
bisnis. Dengan tema dan background yang bisa diganti sesuai dengan
keinginan, maka aktivitas presentasi menjadi lebih menyenangkan.
Sampai
saat ini Microsoft Office 2003 tidak hanya bekerja pada sistem operasi
Windows saja, tapi juga sudah bekerja pada sistem operasi buatan Apple,
yaitu Ios. Meskipun sistem operasi sebuah perangkat pc atau laptop terus
berkembang dan diperbaharui, tapi Microsoft Office 2003, tetap
diminati, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan tampilannya yang
nyaman.
3. MICROSOFT OFFICE 2007. (OFFICE 12.0)
Versi
ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah
aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang
bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti
menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP
SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai
menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk
menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
Office
2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan. Namun kali ini
Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika
Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan
Windows NT.
Menurut
Junita Leeman, Marketing Manager Microsoft Office Indonesia “Microsoft
Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini
dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang
ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat
dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan salah satu kelebihan
Microsoft Office 2007 yang diluncurkan tanggal 7 Desember 2006.
Perubahan
yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface.
Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint.
Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi
sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang
inopatif dan informatif.
Dengan
sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan
bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak
secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat
pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah
penggunaannya.
Menu
dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada
menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles,
dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk
horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan
tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.
Pada
versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk
melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas,
menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu
tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir dengan
sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri
atas. Ketika pemakai mengkliki ikon tersebut akan tampak pilihan-pilihan
New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain. Perubahan menu ini
berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda
sudah membuka Microsoft Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya
menu yang ditampilkan relatif hampir sama. Dengan demikian pemakai
tidak akan kerepotan karena semua pilihan sudah bisa digunakan tanpa
harus tersesat.
Berikut ini beberapa hal penting yang membedakan Office 2007 dari Office versi-versi sebelumnya.
• Tampilan (User Interface)
Tampilan
Office 2007 dibuat lebih sederhana tapi lebih berdaya guna. Pada Office
2007, tata letak daftar menu dan submenu tidak lagi sama dengan
versi-versi sebelumnya. Sebagai gantinya, menu-menu dan submenu diatur
sedemikian rupa untuk bisa lebih mudah dieksplorasi ketika bekerja.
Salah satu contohnya dalah adanya Ribbon, yang berisi toolbar yang
melekatkan beberapa tombol pintas untuk mengerjakan berbagai hal. Meski
tampilan Office 2007 terlihat lebih sederhana, namun justru terlihat
lebih atraktif karena adanya perubahan pewarnaan. Barangkali
satu-satunya hal yang bisa disebut sebagai kekurangan adalah, tampilan
Office 2007 menjadi terlalu baru bagi pengguna versi-versi sebelumnya.
Bagi yang suka hal-hal baru, nggak jadi soal. Tapi bagi yang tidak suka
mempelajari barang baru, termasuk juga bagi yang agak lambat dalam
mempelajari hal-hal baru, tampilan yang benar-benar beda pada Office
2007 bisa jadi justru akan menjadi masalah, dan membuat orang enggan
untuk beralih ke versi terbaru ini.
• Perbaikan Aplikasi-aplikasinya
Office
2007 juga memberikan beberapa perbaikan pada aplikasi-aplikasi yang ada
didalamnya. Sebagai contoh, pada Office 2007, Word dilengkapi tool
dasar untuk desktop publishing, formula pada Excel lebih mudah
direferensikan, presentasi dengan PowerPoint menjadi lebih atraktif,
Outlook menambahkan fitur ‘Task and Time Management’, dan perbaikan
integrasi antar aplikasi dalam Office 2007. Disamping itu, Office 2007
juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang tidak ada pada Office
versi-versi sebelumnya. Salah satunya adalah aplikasi OneNote, yaitu
sebuah aplikasi untuk menulis catatan-catatan kecil, materi-materi
kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan untuk seminggu ke depan,
untuk mencatat ide yang datang secara tiba-tiba, bahkan dapat digunakan
seperti diary atau catatan sehari-hari. Aplikasi ini seperti halnya buku
catatan elektronik atau binder atau notebook atau loose leaf yang biasa
Anda gunakan saat masa-masa kuliah. Semua catatan yang Anda tulis dapat
diorganisir dan dimanajemen oleh aplikasi ini sehingga Anda tidak lagi
kesulitan mencari dimana tulisan-tulisan penting Anda.
• Interaksi yang Lebih Mudah dengan Dunia Maya
Salah
satu contohnya adalah dengan mudah kita bisa langsung mem-post sebuah
tulisan kita yang ada di Word ke blog kita yang ada di dunia maya.
Sehingga, begitu ngetik, saat itu pula tulisan kita langsung bisa
online.
• SmartArt
Pada
Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik bernama SmartArt.
Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration. Kenapa
diberinama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk memperindah
pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk
graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template
yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda.
Penampilan
PowerPoint juga berubah, dalam hal ini terdapat tools baru bernama
Photo Album yang bisa ditemukan pada menu Insert dan grup pilihan
Illustration. Dengan pilihan Photo Album ini pemakai bisa leluasa
membuat slide presentasi dengan menampilkan foto-foto yang sudah
masukkan ke komputer Anda.
• Format File
Sudah
diketahui keluarga Microsoft menyediakan berbagai format file. Namun
pada versi sebelumnya belum terlihat format file PDF yang dibuat oleh
Microsoft Office. Bisa namun harus menggunakan tambahan aplikasi dari
keluarga Adobe Acrobat.
Pada
Microsoft Office 2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk
menyimpan file dalam berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk
bisa menggunakannya cukup pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As
PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi menambahkan aplikasi lain untuk
menyimpan file dalam format PDF tersebut.
Format
file lainnya juga mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat
Word yang tadinya berakhiran DOC, Microroft Excel berakhir XLS,
PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan DOCX untuk Word, XLSX untuk
Excel dan PPTX untuk PowerPoint.
Perubahan
yang cukup berarti juga terdapat pada Microsoft Outlook 2007. Di mana
Microsoft telah menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom
yang tadinya hanya tiga bagian sekarang menjadi empat bagian. Tiga kolom
yang sudah ada adalah kolom e-mail, alamat dari e-mail dan isi e-mail
yang sedang dibuka. Kolom tambahan yang keempat adalah kolom To Do Bar,
di mana kolom ini akan menampilkan kalender pada saat Outlook tersebut
Anda buka yang di dalamnya akan terdapat appointment dan tasks yang
sudah Anda tentukan sebelumnya.
Microsoft
Access 2007 hampir berobah secara total, dimana berbagai penambahan
baik interface maupun fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda
mulai membuka aplikasi Access, pertama yang akan terlihat adalah
interface yang sama sekali baru, berbeda dengan versi Office sebelumnya.
Pada window pertama Anda akan berhadapan dengan pilihan berbagai
kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori template yang
sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template yang
harus di-download terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat database
sendiri pilih ka tegori template “Featuring” yang di dalamnya terdapat
satu buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu Anda tinggal
meneruskan untuk membuat database Acces untuk data-data Anda. Selain itu
Microsoft Access 2007 juga mempunyai kemampuan untuk proses impor dan
export data.
Selain
aplikasi standar tersebut pada Microsoft Office 2007 ini juga dibundel
Microsoft Publisher 2007 yang digunakan untuk keperluan desain majalah,
buku, dan lain-lain. Hadir juga InfoPath 2007, OneNote 2007, Groove 2007
dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan terakhir ini
merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan
perkantoran modern saat ini.
4. MICROSOFT OFFICE 2010. (OFFICE 14.0)
Untuk
sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada
tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor
13! Aplikasi yang diberi nama Office 14, atau kadang disebut juga Office
2010 itu memang telah dipersiapkan Microsoft dengan matang untuk
menjadi jagoan baru Microsoft Office. Office 2010 mungkin terlebih
dahulu datang pada versi beta kuartal ketiga 2009. Baru kemudian, versi
lengkapnya di pertengahan 2010,Walaupun belum lengkap, terdapat banyak
fitur menarik yang ditawarkan Microsoft Office 2010 ini. Diantara fitur
baru yang menarik adalah :
• Tampilan Splash Screen lebih keren :
• File
Atrribute langsung ditampilkan ketika kita klik Tombol Office (yang
didalamnya memuat menu Open, Save, Close, Exit, Print, dll)
• Pengaturan
Page Setup dan Print dalam satu Halaman pada Print Preview, sehingga
lebih cepat dalam mengatur Dokumen yang akan dicetak
• Support untuk menyimpan file dalam format PDF, XPS Dokumen, Open Documet, dll
• Dilengkapi
Screenshoot, yaitu fungsi untuk meng-insert gambar dari jendela-jendela
Software yang sedang aktif pada Windows, semudah memasukkan gambar dari
Clip Art
• Pada Power Point, kita dapat mengedit tabel dari Microsoft Excel (support Insert Object Microsoft Excel)
Berikut adalah pemaparan beberapa fitur baru yang disematkan Microsoft ke dalam Microsoft Office 2010:
1. Penyimpanan Dokumen
Anda
bisa langsung mengunggah dokumen Anda ke account Windows Live SkyDrive
dan mengaksesnya dari komputer lain darimana pun. SkyDrive menyediakan
ruang sebesar 25 GB sebagai media penyimpanan online gratis, karena
layanan ini terintegrasi dengan Office Web Apps. Anda dapat melihat dan
mengedit dokumen-dokumen ini di mana saja menggunakan web browser tanpa
membutuhkan Microsoft Office (bahkan pada Mac).
2. Video di Dalam Presentasi Anda
Anda
dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet ke dalam
presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web biasa.
Caranya mudah sekali, hanya dengan menyalin kode embed dari YouTube
(atau situs sharing video lainnya) dan menempelkannya pada bagian dimana
saja pada slide Anda.
3. Quick Steps in Outlook
Gmail
menyertakan fitur “Send dan Archive” yang bersifat multi-tasking.
Ketika Anda mengklik tombol ini, pertama kali akan mengirim balasan dan
kemudian tersimpan sebagai arsip hanya dengan satu kali klik. Dengan
fitur baru “Quick Steps in Outlook“, Anda dapat menggunakan setiap item
Outlook dengan sekali klik saja. Selain “Send dan Archive“, sebagai
contoh lain adalah langkah cepat untuk “Send and Delete”, fitur ini yang
akan menghapus email dari inbox Anda setelah Anda membalas email Anda.
4. Simpan Sebagai File PDF
Seluruh
program Microsoft Office 2010 mempunyai fitur “built-in PDF writer”,
sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke format PDF hanya
dengan mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi PDF
writer lain.
5. Cetak Dokumen
Microsoft
telah merubah dialog box untuk mencetak dokumen dan hal ini merupakan
peningkatan yang luar biasa. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan
setting printer (seperti margin halaman, dll) dan melihat perubahannya
pada setiap halaman.
6. Broadcast Slideshows dalam PowerPoint
PowerPoint
2010 memungkinkan Anda untuk dapat memberikan presentasi secara online
melalui web dan siapa pun di dunia dapat melihat presentasi Anda
menggunakan web browser.
7. Video Editing dalam PowerPoint
Anda
akan dimanjakan dengan fitur baru di PowerPoint 2010, karena Anda tidak
perlu lagi membutuhkan aplikasi video editing ketika Anda ingin
memotong video menjadi beberapa bagian. Pekerjaan ini bisa Anda serahkan
kepada PowerPoint 2010.
8. Share Presentasi Sebagai Video
PowerPoint
2010 juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam bentuk file video
yang dapat Anda unggah ke YouTube atau mendistribusikan pada media
player portabel seperti iPod.
9. Built-in Screen Capture
Semua
program Office 2010 sekarang tersedia screen clipping utility. Fitur
ini akan secara otomatis mengambil screenshot dari semua aplikasi yang
terbuka pada desktop Anda (tidak termasuk aplikasi yang di-minimize) dan
Anda dapat memasukkannya langsung ke dalam dokumen Anda atau presentasi
Anda. Bisa menggantikan peran aplikasi Snag-It di komputer Anda.
10. Outlook Social Connector
Bila
Anda membuka pesan email dalam Outlook 2010, akan ditampilkan informasi
terkait seperti attachments file, gambar, meeting requests, dan semua
pesan email sebelumnya yang mungkin ditukar dengan yang lain (seperti
Xobni).
5. MICROSOFT OFFICE 2013.(OFFICE 15)
Office
2013 adalah lebih "berbasis cloud" dari versi sebelumnya. Hal ini
terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive . Juga,
Microsoft berharap bahwa pengguna akan mendapatkan Office 2013 sampai
Office 365 .
Microsoft
Office 2.013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi
Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS
ODF 1.2 [14] yang Office 2.013 dapat membaca dan menulis. [15] Selain
itu, Kantor 2.013 menyediakan penuh membaca, menulis, dan mengedit
dukungan untuk ISO32000 (PDF).
Microsoft
juga mendukung Office Open XML Ketat, format yang Microsoft telah
disampaikan kepada ISO untuk interoperabilitas dengan suite kantor
lainnya, dan untuk membantu adopsi di sektor publik. [16]
Fitur
baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam
PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program
Office. Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari
sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web. [17] Word
dan PowerPoint juga memiliki bookmark-seperti fitur yang sinkron posisi
dokumen antara komputer yang berbeda.
Fitur Office 2.013 meliputi:
• Sentuh mode bersama dengan perangkat sentuh.
• Datar terlihat dari antarmuka Ribbon dan animasi yang halus saat mengetik atau memilih (Word dan Excel)
• Microsoft Outlook sekarang memiliki visualisasi baru untuk tugas-tugas yang dijadwalkan
• Baru Mulai Pengalaman
• Baru grafis pilihan dalam Microsoft Word
• Baru keselarasan garis saat benda bergerak
• Gambar dukungan online dengan konten dari Office.com, Bing . com dan Flickr
• Lanjutkan Membaca di Word dan PowerPoint
• Desain slide baru, animasi dan transisi dalam PowerPoint 2.013
• Dukungan untuk Outlook.com dan Hotmail . com di Outlook
• Dukungan untuk Skype dan Yammer
• Excel 2.013 mendukung batas model baru. [18]
Berikut adalah beberapa fitur yang dihapus dari Microsoft Office 2013.
Dihapus dari seluruh paket [19]
• Microsoft Clip Organizer
• Microsoft Office Picture Manajer
• Office 2007 dan Office 2010 gaya grafik
• Kemampuan untuk menyisipkan Cone 3D, Piramida, atau Bagan Cylinder
Fitur dihapus dari Microsoft Word
• Custom XML Markup telah dihapus karena alasan hukum
• Objek WordArt tua yang sekarang menjadi objek WordArt baru
Fitur dihapus dari Microsoft Access
• Akses Data Proyek (ADP)
• Dukungan untuk Jet 3.x IISAM
• Akses kontrol OWC
• dukungan dBASE Suite [19]
Fitur dihapus dari Microsoft Outlook
• Unduh modus Header Hanya untuk IMAP [20]
• Outlook Exchange Klasik secara offline
• / Cleanfreebusy beralih
• Kemampuan untuk mengimpor / Ekspor ke Aplikasi
• Catatan dan kustomisasi Journal
• Outlook Kegiatan tab
• Outlook Mobile Service (OMS)
• Outlook Cari melalui Windows Shell [19]
Fitur dihapus dari Microsoft PowerPoint
• Dukungan untuk Menggambar Visio
Simpulan dan Saran
Simpulan
Microsoft
office selalu berkembang dari tahun ke tahun. Dalam Perkembangannya
selalu manambahkan fitur-fitur baru yang semakin canggih dan tampilan
yang lebih menarik. Selain itu fitur-fitur baru di tanamkan untuk
efisensi waktu saat bekerja dengan microsoft office.
Saran
Microsoft
Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita
ketahui, agar supaya kita juga tidak ketinggalan versi-versi terbarunya.
Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup
kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi
perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data
karyawan, membuat karya ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa
memanfaatkan Microsoft office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal
lebih jauh tentang sejarah microsoft office dan perkembangannya hingga
sampai saat ini. Dalam perjalanannya, Sejarah Microsoft Office banyak
mengalami perubahan dan penambahan fasilitas. Dan untuk mengenal lebih
jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut kutipkan dari berbagai
sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office. 1998,2003,2007,
2010,dan 2013.
Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon