Resep - Makanan | Bolu Kukus Mekar Non Soda |

Bolu Kukus yang menjadi tantangan banget buat aku pribadi, padahal sih kalo udah jadinya penduduk rumah gak terlalu suka makannya, tapi sering kalo ada orang yang order aku jadi ngeper, takut gagal. soalnya mungkin aku ini penyandang "Kutukan Bolkus" hiks...hiks...
tapi setelah diriku memberanikan diri mengangkat mixer kembali (halaaaah......) aku juga tergiur gara2 liat postingan orang2 di ajang Bolku Week NCC, aku paling tertarik dengan resep bolkus 200. karena selain cepat menghafal bahan dan takarannya, bikinnya juga tinggal blek kadi satu, mixer dan kukus.
kalo secara teori sih gampang dan gak ribet, tapi ya tetep aja ada perasaan dag- dig -dug ketika saatnya membuka tutup kukusan. mekar gak yaah....??? hanya itu yang ada di dalam otakku...
alhamdulillah kalo pake resep ini, walaupun kalo nyoba cuma setengah resep, selalu mekar dengan indahnya, empuk dan enteng.. dan yang terpenting, tanpa air soda-sodaan, karena di rumahku jarang ada minuman begituan...
yo wes lah, walaupun orang-orang udah pada tau resepnya, tapi gak papalah, aku tulis lagi....
cekidot...
bahan :
- 200 gr tepung terigu protein sedang (mis. segitiga biru)
- 200 gr gula pasir (kalo bisa yang butirannya halus, tapi bukan gula tepung lho)
- 200 ml air biasa/susu/santan (minuman bersoda juga bisa)
- 2 butir telur
- 1/2 sdm emulsifier (aku pake SP)
- meses atau pewarna makanan bila mau
caranya :
gampang banget, campur semua bahan kecuali meses/pewarna, mixer dengan kecepatan tinggi sampai benar2 kental dan pengaduk mixer meninggalkan jejak yang lama hilangnya.
masukkan ke cetakan bolkus yang sudah dialasi papercup. kukus dalam panci kukusan yang sebelumnya sudah benar2 ngebullll.... kukus 15 menit. jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan kain bersih untuk mencegah uap air menetes ke bolu. jangan berani buka2 tutup kukusan selama proses mengukus. karena si bolu ini amat sangat sensitif dan judes, kalau diintip malah nantinya mingkemmmmm...
yo wess lah, bagi yang masih menyandang gelar "Kutukan Bolkus" I really recomend this recipe...
salam bolkus mekar.... :)

Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment