Compression - Cara Mempercepat Website dengan Gzip Compression

Mungkin Anda akan merasa kesal saat mengakses website Anda, website terasa lama. Hal ini bisa di sebabkan karena website Anda belum terkompresi. Untuk meningkatkan user experience ketika mengakses website kita menjadi sangat penting, karena semakin kecil ukuran komponen sebuah website, maka akan semakin cepat juga mengaksesnya.

Bagaimana Cara Mempercepat Website Anda?

Salah satu cara untuk memperkecil ukuran website Anda adalah dengan mengaktifkan gzip compression di server hosting Anda. Jika Anda menggunakan layanan Hosting Murah kami, fasilitas ini sudah tersedia untuk Anda di cpanel. Intinya, web server akan mengkompres konten website Anda sebelum dikirim ke visitor dan browser kemudian akan mendekompres dan menampilkan konten asli ke visitor website Anda secara cepat.
Gzip compression merupakan cara mempercepat website yang cukup efektif, karena juga mempunyai score yang bagus di Google PageSpeed and Yahoo YSlow. Jadi, pastikan Anda mengaktifkan gzip di hosting web Anda untuk meraih hasil tertinggi di kedua platform speed test di atas.

Bagaimana cara mengecek apakah web Anda sudah ter-gzip atau belum?

Untuk memastikan apakah website Anda sudah terkompresi dengan gzip atau belum, banyak tool-tool gratis yang menyediakan untuk hal ini, salah satunya Anda dapat memanfaatkan tools dari whatsmyip.org. Silahkan buka toolnya langsung di http://www.whatsmyip.org/http-compression-test/ lalu masukkan alamat website Anda.
cara mempercepat website
Contoh di atas adalah saat saya masih belum saya aktifkan gzip pada website saya, dan setelah saya aktifkan maka hasilnya akan terlihat seperti ini:
cara mempercepat website

Bagaimana Cara mengaktifkan gzip di Hosting Anda?

Jika Anda pengguna layanan shared hosting dengan cPanel, pada umumnya layanan ini sudah terinstall di shared hosting Anda, sehingga Anda tinggal mengaktifkan layanannya secara manual melalui cPanel.
Berikut adalah cara mengaktifkan gzip compression di cPanel Anda :
  1. Silahkan Anda Login ke cPanel hosting Anda.
  2. Pada kelompok menu “Software” Cari Menu “Optimize Website
    cara mempercepat website
  3. Pilih “Compress all content” lalu klik “Update Settings” ..
    cara mempercepat website
  4. Selesai dan Anda bisa memeriksa status website Anda dengan menggunakan tool tersebut di atas.
    cara mempercepat website
Selamat mencoba, dan semoga website Anda bisa lebih cepat di Akses :)
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment