Tips - 10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah

10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah
10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah 

10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah  - Banyak yang bertanya tentang hal yang dapat dilakukan wanita untuk menjaga kesehatan dan keindahan payudara. Wanita muda Indonesia saat ini telah teringat kesadarannya untuk mencintai payudara sebagai aset kewanitaannya.


Semua wanita memang diharapkan bisa menjaga kesehatan dan memberikan perhatian lebih kepada payudara mereka. Salah satu caranya adalah dengan memiliki gaya hidup sehat. Berikut ini  10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan Indah dan terhindar dari jauh dari penyakit berbahaya.

1. Rajin olahraga

Seringlah berolahraga selama 45 menit hingga 1 jam secara rutin setiap hari, dengan olahraga bisa mencegah kanker payudara. Latihan kebugaran dapat membantu Anda meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan kadar hormon estrogen, mengurangi risiko obesitas dan insulin. Jangan lupa konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, seperti sayur, buah, dan minum susu dan lain-lain.

2. Pilih bra sesuai kebutuhan

Gunakan bra berkawat jika memang ukuran payudara Anda terlalu besar atau bentuknya mulai menurun karena faktor usia. Jika Anda akan berolahraga, pakailah pakaian sport bra dengan cup khusus. Agar gerakan Anda lebih fleksibel dan mudah saat melakukan berbagai gerakan dalam olahraga.

3. Gunakan bra dengan ukuran pas

Jika kulit di sekitar payudara Anda merah dan terasa gatal, kemungkinan besar bra yang Anda pakai terlalu kecil. Sehingga mengakibatkan kulit Anda tidak cocok dengan bahan dasar bra tersebut. Pilih bra dengan bahan yang lembut cocok dengan kulit dan sesuai dengan ukuran payudara Anda, sehingga bisa membuat payudara Anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit kanker payudara.

4. Jaga berat badan

Selain berolahraga Anda harus menjaga juga berat badan, selain mengganggu penampilan Anda, berat badan yang berlebihan membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit serta menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Hindari stres

Memang belum terbukti dan teruji, jika stres mampu memicu terjadinya kanker payudara. Biasanya payudara bisa terasa sakit dengan sendirinya karena beberapa jenis hormon mengalami peningkatan saat stress itu datang.

6. Kurangi minum alkohol

Penelitian telah menunjukkan, bahwa 2 gelas alkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara sekitar 21 persen. Coba Anda ganti minuman beralkohol atau wine dengan buah anggur dan jus buah. Resveratrol pada kulit anggur bisa membantu Anda mengurangi kadar estrogen yang bisa mengakibatkan terjadinya kanker payudara.

7. Pelembap

Seperti kulit tangan dan kaki, kulit payudara juga membutuhkan pelembap untuk mencegah dan mengurangi kerutan karena dehidrasi. Pelembap khusus payudara disebut bust cream.

8. Pakai bedak

Jerawat juga bisa muncul dimana saja, biasanya juga muncul di sekitar payudara, karena daerah tersebut dipenuhi kelenjar minyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai bedak tabur setelah mandi dan hindari juga memakai bra basah.

9. Jangan tidur tengkurap

Tidur tengkurap dapat menyebabkan bentuk payudara berubah. Posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi miring, dengan kedua payudara ditopang bantal atau guling. Alangkah baiknya Anda tidak memakai bra saat tidur, supaya pori-pori payudara Anda lebih leluasa bernapas.

10. Periksa payudara

Mulailah periksakan payudara Anda minimal setiap 3 tahun sekali ketika usia mulai mendekati 20 tahun. Bagi wanita yang  berusia 40 tahun ke atas dan memiliki riwayat kanker payudara turunan, lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika pemeriksaan dengan mamogram dirasa belum cukup, Anda bisa meminta dokter untuk melakukan Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau sonogram. Anda juga dapat memeriksa payudara melalui ultrasonografi (USG), cara tersebut lebih efektif dari pada pemeriksaan mamografi.

Demikian tips dari kami tentang 10 cara mudah perawatan payudara agar tetap sehat dan indah. Rawatlah aset berhargamu karena kita begitu berharga ladies. :) Sekian, terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat. Salam cantik ^_^)
Previous
Next Post »

Dilarang Promosi Blog, Spam, Hack dan yang berbau Negatif ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment